Sabtu, 05 Februari 2011

Hati-hati Beli HP

HATI2 BELI HP DIMALANG PLAZA

Sudah beberapa kali saya beli HP di malang plasa, dan kebanyakan dari para penjual tersebut hampir selalu memiliki triks khusus untuk mengelabui pembelinya yang tujuannnya jelas untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya,

Berikut trik jika memberli HP khususnya di malang plasa :
1. Periksa Orisinilitas HP dan Dos-Book. Cocokkan serial number yang ada di HP dengan Box nya, dengan cara tekan *#06# lalu OK. (Meski biasanya para penjual HP sudah bisa nembak agar serial bisa sama dengan dos-book)
2. Mintalah casing ORi, jangan mau dikasih yang mika (Tradisi penjual HP adalah memberi casing yang tidak ori)
3. Periksa bahwa segel belum dibongkar (buka casing dan tunjukkan segel, tapi penjual HP juga masih bisa bikin segel sendiri yang mirip)
4. Periksa baterai, casing, charging adalah asli (untuk mencari untung yang banyak, ini dijual yang bajakan, yang asli dijual sendiri dengan harga selangit)
5. Teliti apakah barang benar-benar lengkap (Biasanya kabel data, headset sengaja tidak disertakan, jika sudah dibawa pulang dan diminta pembeli, baru dia minta maaf dan bilang kalau lupa)
6. Tawar 20% lebih rendah dari yang mereka tawarkan (harga yang mereka tawarkan adalah harga kecap, maka tawar sampai harga jatuh karena dengan harga jatuh pun mereka sudah banyak meraup untung)

HP bagus dengan harga miring itu jelas dalamnya sudah banyak yang tidak original, jika benar-benar original HP akan dijual selangit oleh conter. Pengalaman beli HP di malang plasa adalah HP selalu dalam kondisi setengah ori dan setengahnya sudah bajakan, baik itu charger, casing, atau baterai.

Dos-Book dan HP biasanya didapatkan secara terpisah, dan hanya dengan biaya Rp 10.000 HP dan Dos-Book bisa menjadi nyambung.

Seringkali kalau sudah beli dan di packing ada beberapa komponen yang “sengaja” tidak dimasukkan, misal kabel data, headset, dll

Beginilah realitas banyak penjual HP di malang plasa yang menggunakan modus-modus kecurangan untuk meraup untung yang banyak, tak jarang setelah beli si pembeli merasa menyesal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar